Templates by BIGtheme NET

Dahsyatnya Herba Indonesia (I)

sambilotoProlog
Tahun 1999 saya terkena kencing batu yang hebat. Endapan kalsium itu tidak berpemukaan licin tetapi membentuk permukaan tajam atau runcing semacam karang. Sehingga menggores dinding uriter saya, akibatnya setiap buang air kecil selalu berdarah. Tapi alhamdulillah tidak sampai infeksi. Saya pada saat itu dalam kondisi miskin papa. Untuk berobat kedokter benar-benar tidak punya uang, tapi mau minta keterangan miskin rasanya muka ini tidak siap datang ke ketua RT untuk distempel sebagai orang melarat. Begitulah nasib saya sebagai bangsa Indonesia.

Akhirnya saya memilih herbal, waktu itu saya tinggal di desa, jauh dari fasilitas kesehatan dan kendaraan sehingga tidak bisa tiap saat ke rumah sakit. Saya sudah pasrah dengan penyakit saya ini. Setiap buang air kecil selalu dibarengi darah yang tidak sedikit. Awalnya hanya sakit ‘anyang anyangan’, bolak balik buang air kecil. Atas bantuan Kakak, saya berobat ke Rumah Sakit terkenal di Jogja, juga di rumah sakit terkenal di Surabaya, tapi pendarahan juga tidak berhenti. Pendarahan itu berlangsung kurang lebih dua tahun, sehingga praktis selama itu pula saya tidak bekerja.

Saya setengah putus asa dengan penyakit saya, tapi ditengah belum sembuhnya pendarahan. Saya tetap ikhtiar. Setiap pagi selepas subuh saya berjalan di sekitar rumah kontrakan, mencari buah mengkudu yang jatuh. Lalu saya peras ambil airnya, selain mengkudu saya juga menanam sambiloto. Ketika saya diberi kesempatan lagi ke dokter oleh Kakak, dokter yang memeriksa saya malah heran, luka dalam, bertahun-tahun tapi kok tidak infeksi. Saya hanya meraba-raba, mungkin karena saya tiap hari mengkonsumsi Sambiloto.

banner-headPada satu kesempatan saya berobat ke Malang, kepada seorang sinshe, oleh Kakak ipar saya diberi fotokopian buku-buku pengobatan herbal Profesor Hembing, ada herbal yang menarik perhatian saya yaitu sambiloto. Ternyata di Amerika herbal ini sudah dalam bentuk sediaan kapsul yang berisi ekstrak sambilo. Jadi menurut kesimpulan saya, meski luka dalam, bertahun tahun saya tidak infeksi itu disebabkan saya rajin minum sambiloto. Rasanya sangat pahit, biasanya saya campur dengan keji beling dan kumis kucing.

Dari literatur saya dapatkan beberapa khasiat sambiloto. Tanaman Sambiloto dalam bahasa latin ‘Andrographis Paniculata Ness’. Sambiloto dikenal sebagai salah satu tanaman tradisional sejak abad 18. Tanaman ini tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 700 mdpl. Tanaman yang tumbuh di tempat terbuka dan lembab ini ternyata mempunyai daftar panjang dalam menanggulangi berbagai penyakit.

Sambiloto merupakan herbal yang mempunyai efek anti infeksi /anti radang yang sangat baik. Penyakit -penyakit infeksi terutama infeksi pada jaringan muncus atau lendir, seperti infeksi tenggorokan penyebab influenza, infeksi saluran kemih, keputihan pada wanita maupun infeksi pada luka bisa diatasi dengan sambiloto.

Sambiloto memiliki banyak sebutan dari tiap daerah di Indonesia, seperti :

  1. Ki oray, ki peurat, takilo ( Jawa Barat )
    2. Bidara, sadilata, sambilata ( Jawa Tengah )
    3. Takila, pepaitan (Sumatera )

Selain di Indonesia, Nama Lain Sambiloto ini dikenal di beberapa negara, seperti :

  1. Chuan xin lian, yi jian xi, lan he lian ( China )
    2. Xuyen tam lien, cong cong ( Vietnam )
    3. Kirata, mahatitka ( India / Pakistan )
    4. Creat, Green Chiretta, Halviva, Kariyat ( Inggris )

Jenis – Jenis Penyakit Yang Dapat Di Obati Dengan Sambiloto Untuk Kesehatan :

Mengobati kencing manis / Diabetes, menormalkan kadar gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi bronchitis & radang amandel, hepatitis, infeksi saluran empedu,disentri basiler, tifoid, diare, influenza, radang amandel (tonsilitis), abses paru, radang paru (pneumonia), radang saluran napas (bronkhitis), radang ginjal akut (pielonefritis akut), radang telinga tengah (OMA), radang usus buntu, sakit gigi, demam, malaria, kencing nanah (gonore), kencing manis (DM), TB paru, skrofuloderma, batuk rejan (pertusis), sesak napas (asma), darah tinggi (hipertensi), kusta (morbus hansen = lepra), leptospirosis, keracunan jamur, singkong, tempe bongkrek, makanan laut, kanker: penyakit trofoblas seperti kehamilan anggur (mola hidatidosa) dan penyakit trofoblas ganas (tumor trofoblas), serta tumor paru.

Kandungan senyawa dalam Sambiloto

Sambiloto memiliki cukup banyak manfaat karena didukung oleh kandungan zat andrographolide yang pahit rasanya, alakloid, dan kalium. Kandungan andrographolide mampu meningkatkan sistem pertahanan tubuh seperti produksi sel darah putih yang menyerang bakteri dan benda asing lainnya. Kalium yang tinggi pada sambiloto berguna untuk mengeluarkan air dan garam guna mengatasi hipertensi.

Sambiloto bersifat anti plantelet agregasi sehingga mencegah terjadinya penggumpalan darah hingga tidak terjadi radang. Kadar kaliumnya yang tinggi membantu tubuh mengeluarkan air dan garam sehingga menurunkan tekanan darah dan juga diabetes.

Sampai sekarangpun saya tetap menanam herba sambiloto di depan halaman rumah saya yang sempit. Kalau dulu saya sering meminum langsung, sekarang saya ekstrakkan ke kenalan saya yang biasa menerima jasa ekstrak. Sehingga setiap saat selalu tersedia Sambiloto di rumah saya. Saya kapsul sendiri, ternyata juga ampuh untuk mengobati gusi bengkak, flu pilek dan batuk. Bahkan untuk menjaga agar gula darah saya tidak naik, secara rutin saya konsumsi empat butir kapsul ekstrak sambiloto.

Subhanallah alangkah dahsyatnya herba Indonesia.

Bantul, 31 Oktober 2016
Cak Yunus

Facebook Comments

About Fajar Muchtar

Pimpinan Pesantren Al Musthafa dan Ketua Yayasan Al Mushtafa Rahmat Semesta

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful

%d bloggers like this: