Templates by BIGtheme NET

Panen Serai Wangi

Dalam rangka memanfaatkan tanah wakaf, Pesantren Al Musthafa menanami beberapa lahannya dengan serai wangi (Cymbopogon nardus. L). Tanaman ini  merupakan salah satu jenis tanaman penghasil minyak atsiri serta cukup tinggi daya tahannya. Selain itu, serai wangi juga cukup bagus menahan erosi dan baik ditanam di lahan dengan kemiringan tinggi.

Penanaman pertama dilakukan pada tahun 2016 sebanyak 20000 tanaman. Awalnya penanaman diplot untuk ditanam di pinggir jalan dan pinggiran kebun. Namun saking banyaknya yang harus ditanam, kenyataannya penanaman merangsek ke bagian tengah kebun.

Ahad kemarin (01 Januari 2017) adalah pemanenan pertama. Hasilnya belum dapat diprediksi seberapa besar hasil dari tanaman ini. harapannya adalah hasinya tak terlalu jauh dari estimasi awalnya. Harga daun serai wangi dibeli seharga 400 rupiah/kg.

Facebook Comments

About Fajar Muchtar

Pimpinan Pesantren Al Musthafa dan Ketua Yayasan Al Mushtafa Rahmat Semesta

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful

%d bloggers like this: